Tunjungan Plaza

Tunjungan Plaza.png

NurusTunjungan Plaza, gak mau dibaca TePe maupun Tipi, melainkan TP, adalah pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya. Banyak pengunjung seperi kamu dan bonek telah mengunjungi tempat ini.

[sunting] Sejarah dan penyewa

Plaza Tunjungan.jpg

Tunjungan Plaza diresmikan oleh Ryan White pada tahun 1986. Berawal dari sebuah gedung 7 lantai yang diberi nama Plaza Tunjungan. Sesudah sukses dengan Tunjungan Plaza I, dibuka Tunjungan Plaza II pada tahun 1991, lalu Tunjungan Plaza III pada tahun 1996 dan Tunjungan Plaza IV pada tahun 2001.

[sunting] Tunjungan Plaza I

Tp.jpg

Gedung lama Tunjungan Plaza I dan II sesudah direnovasi, pada tahun 2007

Gedung lama Tunjungan Plaza terdiri dari tujuh lantai, yaitu LG, UG, 1, 2, 3, 4 dan 5 dengan penyewa-penyewa seperti Hero Supermarket, Gramedia, The Coffee Bean & Tea Leaf, A&W dan masih banyak lagi.

[sunting] Tunjungan Plaza II

Sama dengan Tunjungan Plaza I, Tunjungan Plaza II hadir dengan penyewa-penyewa seperti KFC, Rimo, Timezone dan masih banyak lagi.

[sunting] Tunjungan Plaza III

Tunjungan Plaza III mempunyai tambahan dua lantai untuk Convention Hall dan Exhibition Point (Expo Center) sebagai tempat pameran di lantai 6 dan Multifunction Hall di lantai 7. Selain itu ada banyak penyewa untuk belanja seperti Matahari Departement Store dan penyewa-penyewa seperti bioskop XXI, 21 Cineplex, Restoran Selera Suroboyo, Pepper Lunch, Mr Pancake, Pisah Tuh Pizza Hut dan masih banyak lagi.

[sunting] Tunjungan Plaza IV

Tp4.jpg

Tunjungan Plaza IV merupakan gedung terakhir Tunjungan Plaza

Versi mewah yang dikhususkan untuk belanja, penyewa-penyewanya adalah Sogo, Guess, Mango, Crocodile, Celebrity Fitness dan masih banyak lagi. Selain itu ada banyak restoran seperti Sushi Tei, Top Noodles Express dan masih banyak lagi.

[sunting] Alamat

Tunjungan Plaza I, II dan III terletak di Jalan Jenderal Basuki Rachmad 8-12 Surabaya dan versi mewahnya, Tunjungan Plaza IV terletak di Jalan Embong Arema Malang 7-21 Surabaya.

    Tulisan ini masih tulisan rintisan. Penulisnya keburu pergi sebelum selesai, mungkin karena penulisnya pergi ke Tunjungan Plaza. Anda wajib membantu Tolololpedia untuk mengembangkannya.
Peralatan pribadi