Rujak (makanan)

Rujak adalah sejenis kudapan rakyat yang banyak digemari oleh semua kalangan sosial di Indonesia. Dahulu kala banyak yang mengganggap rujak hanya konsumsi kaum ibu-ibu yang sedang mengidam dan anak-anak rumpi di kampus. Seiring dengan berjalannya waktu, rujak mulai menyebar ke dunia Internasional dengan segala keterbatasannya.

[sunting] Rujak dimata dunia Internasional

Rujak telah berhasil mengangkat nama Indonesia di mata Internasional. Hal ini dimulai sejak tahun 1911 ketika pemerintah Inggris secara resmi mengeluarkan kata baru khusus dalam bahasa Inggris untuk kata 'rujak', yaitu fruit salad. Hal ini dilakukan tak lain karena orang-orang bulai kesulitan untuk melafalkan huruf 'r' seperti yang ditemukan dalam bahasa Indonesia, dimana pelafalannya memerlukan getaran-getaran cinta. Selain fruit salad, juga diresmikan kata salad, untuk menerjemahkan kata gado-gado.

[sunting] Peran Pemerintah

Karena amatlah membanggakan Indonesia serta untuk mengentaskan kemiskinan, pemerintah memberikan subsidi berupa sebuah roda gerobak dan ember hitam baru setiap tahunnya kepada para penjual rujak dan gado-gado keliling. Mereka juga diberikan seminar khusus dengan topik diantara lainnya:

  • Mengembangkan usaha jualan rujak
  • Cara berjalan yang baik dan benar ketika berjualan
  • Mengembangkan kreatifitas

[sunting] Jenis-jenis rujak

  • Rujak Petis
  • Rujak deh kerjaan gw gara2 loe
  • Rujak Kulit Duren (karena go international jadi lebih kreatif bahan-bahannya)
  • Bahasa Melayu
Peralatan pribadi