Rabobank

Bendera Belanda.png
Dit artikel bevat elementen Nederland

Artikel ini, Rabobank, mengandung unsur Belanda.

Rabobank adalah bank nggak jelas dan aneh yang berasal dari Belanda. Bank ini telah ada sejak abad pertengahan yang awalnya terdiri dari 26 bank khusus petani yang digabung menjadi 7 bank berdasarkan nama hari. Cabangnya sudah ada di hampir semua negara di planet Bumi, bahkan di planet Mars dan Venus.

[sunting] Sejarah

Rabobank telah berdiri saat abad pertengahan, di mana saat itu masih banyak bank-bank kecil yang ada di Belanda. Bank-bank kecil tersebut jumlahnya mencapai 26 biji yang tersebar di berbagai daerah di Belanda. Bank-bank yang ada merupakan bank khusus petani di pedesaan bukan pegawai di kota. Bank-bank tersebut bertahan hingga setengah abad, sampai ada seseorang yang dirahasiakan namanya merampingkan jumlah bank menjadi 7 bank. Bank-bank yang dirampingkan tersebut nantinya akan diberi nama sesuai dengan nama hari. Seninbank dan Selasabank merupakan gabungan dari masing-masing 3 bank yang ada di daerah utara Belanda. Mereka adalah dua bank pertama yang dirampingkan oleh si orang yang namanya dirahasiakan tadi. 2 tahun kemudian, muncullah Rabubank, eh salah tapi Rabobank, Kamisbank dan Jumatbank, mereka juga gabungan dari masing-masing 4 bank khusus petani dan muncul dengan jarak 2 tahunan. Setelah 6 tahun, ada seorang teman dari pencipta yang namanya dirahasiakan pengen gabung bikin bank terus berantem terus 3 tahun sebelumnya dan akhirnya terbentuklah Sabtubank dan Minggubank yang juga gabungan dari 4 bank yang mau bangkrut dan hampir bubar.

Setelah perampingan bank dengan nama berdasarkan nama hari, hampir semua bank bersaing untuk mencapai keuntungan dan keberhasilan. Mereka ingin menampilkan keunggulan masing-masing dengan membuat program yang menarik dan kreatif untuk ukuran abad pertengahan. Saat ketujuh bank tersebut memulai masa jayanya, pencipta yang dirahasiakan namanya telah memiliki 9 orang anak dari seorang biduan top Belanda pada abad pertengahan. Ia memiliki 5 orang putra dan 4 orang putri, semuanya bertahan hidup sampai dewasa, nggak ada yang mati muda! Pada saat yang sama, kedua putra si pencipta menikah dengan pembantu rumah tangga dan setiap orang dikaruniai 4 orang anak, 2 putra dan 2 putri. Ia sangat bahagia dengan kehadiran cucu-cucu.

Sebenarnya, anak ketiga si pencipta sudah menikah dengan petani gandum dan punya 5 anak, tetapi ada 3 anak yang meninggal pas masih balita, kedua putrinya masih ada yang hidup sampai usia dewasa. Anak keempatnya menikah 5 tahun setelah anak ketiga dan 8 tahun setelah anak pertama dan kedua. Ia menikah dengan pedagang susu dan belum dikaruniai anak selama 4 tahun pernikahan dan akhirnya dikaruniai 5 orang anak (4 putra dan 1 putri) yang jaraknya 3 tahun. Setelah itu, anak kelima menikah dengan tukang jahit dan punya 2 putra dan 3 putri, artinya ia punya 5 anak. Setahun kemudian, anak keenam menikah dengan perawat dan dikaruniai 3 putra dan 3 putri, artinya dia punya 6 anak.

10 tahun kemudian, anak ketujuh, kedelapan dan kesembilan si pencipta menikah dengan selisih 2 tahun dengan biduan, tukang bangunan dan kuli angkut. Anak ketujuh dan anak kedelapan dikaruniai 3 anak, 3 putra dan 1 putra dan 2 putri. Sedangkan anak kesembilan memiliki seorang putra dari kuli angkut dan 3 orang putri kembar dari guru sekolah Minggu. 4 tahun kemudian, anak kedua cerai dan menikah lagi dengan tukang sapu dan punya 1 putra dan 2 putri, di pernikahan kedua ia punya 3 anak.

Setelah anak kedua cerai, kehidupan keluarga besar si pencipta semakin berantakan dan porak poranda. Di sisi lain, Seninbank dan Rabobank semakin menampakkan keunggulan mereka dan menjadi bank terbaik di Belanda selama ratusan tahun. Di puncak kejayaan kedua bank tersebut, si pencipta mulai sakit-sakitan karena usia tua dan juga anak- anak yang bercerai dan menikah lagi dengan orang lain. Anak pertama, kedua, ketiga, kelima, dan kedelapan mengambil alih bisnis ayah mereka saat beranjak dewasa. Merekalah yang bikin Seninbank, Selasabank dan Rabobank mencapai puncak kesuksesan. 16 tahun kemudian, si pencipta meninggal karena sakit keras dan bisnisnya dialihkan kepada anak dan cucu.

Puluhan tahun setelah kesembilan anak pencipta Rabobank meninggal dunia, bisnis diambilalih oleh orang-orang lain yang tak dikenal. Rabobank dan bank lainnya masih mencicipi kejayaan sampai abad ke-17. Setelah itu, Rabobank terpuruk dan amburadul karena Belanda menjajah Indonesia dan negara-negara Karibia selama lebih 3 abad. Baru pada abad ke-19 Rabobank muncul lagi, begitu juga dengan Seninbank, Selasabank dan Jumatbank. Sabtubank dan Minggubank dimerger menjadi Weekendbank. Sedangkan Kamisbank dibekukan asetnya, dicabut izinnya dan dibubarkan paksa. Rabobank menjadi bank terbaik di dunia di awal abad ke-20 selama 30 tahun lalu Weekendbank yang memimpin hanya selama 6 tahun sebelum terhempas serbuan bank-bank Inggris yang mulai menonjolkan keunggulan mereka.

Pada pertengahan abad ke-20, Rabobank buka cabang di hampir semua negara Eropa kecuali Uni Soviet dan Yugoslavia. Seninbank, Selasabank, Kamisbank dan Jumatbank digabung menjadi Weekdaybank sampai awal dekade 90-an. 10 tahun kemudian, Rabobank buka cabang di hampir semua negara termasuk Indonesia dan kecuali Myanmar, Korea Utara, Israel, Palestina dan negara kecil. Pada dekade 80an, Rabobank buka cabang di Benua Amerika, Karibia dan Oseania (termasuk Australia). Dua tahun setelah hancurnya Tembok Berlin, Rabobank membuka cabang di semua bekas negara komunis di Eropa dan Asia.

Pada awal ke-21, Rabobank membuka cabang di planet Mars dan Venus. Di setiap planet awalnya ada 4 cabang dan 5 tahun kemudian bertambah menjadi 200 cabang di masing-masing planet. Sebelumnya, Rabobank juga ada di dunia-dunia lain seperti Dunia Gendeng tetapi keberadaan Rabobank dirahasiakan. Dunia lain dianggap kurang bisa menerima Rabobank sehingga unit Rabobank yang dikenal di sana adalah Sabtubank dan Minggubank, lalu berubah menjadi Weekendbank. Weekendbank sempat menjadi bank terbaik Dunia Gendeng selama 3 tahun kemudian kalah sama Ratu Belek Sindur Bank alias RBS. Setelah itu, pada pertengahan dekade 2000-an Everydaybank didirikan di Eropa Timur, Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tengah, Afrika Utara, Amerika Latin, Australia dan Selandia Barusan. Everydaybank menjadi salah satu bank yang masih satu grup sama Rabobank.

Pada tahun 2010, ada aksi protes di Afrika yang menyebabkan banyak perusahaan Belanda gulung tikar di hampir semua negara Afrika kecuali kawasan Afrika Utara. Mereka sangat menentang produk Belanda sampai-sampai kroket dan Philips dilarang beredar di Afrika. Tahun 2011, Rabobank bekerjasama dengan bank-bank di Afrika dengan membentuk Afrobank, pengganti Rabobank di Afrika.

[sunting] Unit

Rabobank telah membuat beberapa unit sejak abad ke-19. Unit yang terkenal adalah Seninbank dan Selasabank. Kedua bank tersebut sangat terkenal di Belanda selama lebih dari 6 abad sampai kehancuran Rabobank. Setelah kehancuran terselesaikan, Rabobank membuat unit Weekendbank, gabungan dari Sabtubank dan Minggubank yang merupakan special unit pertama dari Rabobank. Saat 2 dekade pertama Weekendbank memiliki sedikit sekali pelanggan karena belum dikenal kemudian populer dan menyebar ke seluruh dunia.

Pada dekade 20-an Seninbank, Selasabank, Rabobank, Kamisbank dan Jumatbank berkelahi gara-gara persaingan yang terlalu ketat. Para karyawan dari unit-unit tersebut berkelahi setiap hari tanpa putus selama puluhan tahun. Kemudian di dekade 50-an dibentuk Weekdaybank, special unit kedua dari Rabobank. Weekdaybank hanya buka di hari kerja karena sudah menjadi kodratnya. Weekdaybank menjadi bank terpopuler di Skandinavia dan Afrika bagian barat dan selatan. Sejak 2010, Weekdaybank menjadi bank populer di Skandinavia, Amerika Serikat dan Asia Timur.

Pada pertengahan dan akhir dekade 90-an, di beberapa negara, Rabobank mengalami perseteruan karena takut sahamnya diambil sama bank lain dan dinasionalisasi. Kawasan yang mengalami perseteruan adalah Eropa Timur, Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tengah, Afrika Utara, Amerika Latin dan Oseania. Mereka sangat sangat terpukul karena perseteruan, bahkan ada negara yang akan menasionalisasikan Rabobank. Perseteruan baru reda pada pertengahan dekade 2000-an pada saat Rabobank mendirikan special unit ketiga, Everydaybank yang dibuka di kawasan yang dilanda perseteruan. Everydaybank menjadi bank populer di Afrika, Australia, Selandia Baru, negara pecahan Uni Soviet dan Amerika Latin pada pertengahan 2000-an hingga sekarang.

[sunting] General Unit

  • Seninbank (ada di Eropa, Afrika dan Amerika)
  • Selasabank (ada di Eropa, Afrika dan Amerika)
  • Rabubank (ada di semua benua)
  • Kamisbank (cuma ada di Eropa)
  • Jumatbank (ada di Eropa, Asia dan Afrika)
  • Sabtubank (ada di semua benua)
  • Minggubank (ada di semua benua)

[sunting] Special Unit

  • Everydaybank (ada di Eropa Timur, Timur Tengah, Asia Selatan, Asia Tengah, Afrika Utara, Amerika Latin dan Australasia)
  • Weekdaybank (ada di Eropa Barat, Skandinavia, Asia Timur, semua anggota ASEAN termasuk Timor Timor, Afrika sub-Sahara, Karibia dan Amerika Utara dan sudah ada di Dunia Lain)
  • Weekendbank (ada di semua benua di alam semesta)

[sunting] Pelanggan

Peralatan pribadi