FANDOM

Bendera India
यह पृष्ठ भरा है भारत|

hachah achah eh hati 2 वहाँ हैकुत्ता yg nyamar kayak kamu acha acha. हैकुत्ता itu artinya anjing,jangan nangis bombaiiiiiiiiiiiii yeh kalo nehi nehi dikatain.

Bendera Inggris
This article contains the England element

Artikel ini, Pertempuran Plassey, mengandung unsur Inggris.

Bendera Uni Eropa Versi A. Widhi
Artikel ini mengandung unsur Eropa

Bendera Perancis

Artikel ini, Pertempuran Plassey, mengandung unsur Perancis.

Bendera Belanda
Dit artikel bevat elementen Nederland

Artikel ini, Pertempuran Plassey, mengandung unsur Belanda.

Bendera Portugis
Caramba! Vi Este artigo contém elementos de Portugal

Artikel ini, Pertempuran Plassey, mengandung unsur Portugal.
Hati-hati jika anda berkunjung ke kota Lisboa, menonton RTP, menonton Liga Portugal, melihat Cristiano Ronaldo beraksi, melihat Rui Costa balapan atau hal-hal lain yang berbau Portugal.

Ajigile ! Artikel ini adalah artikel yang Ajigile !
Mohon persiapkan Menara Petronas di sebelah anda, singkirkan semua Ban sepeda dan kartu atm di sekitar anda atau parut buah pelir anda yang patah itu. OOPS
Pertempuran Plassey adalah kemenangan yang menentukan dari Perusahaan India Timur Britania atas kenawaban Bengal dan sekutu Prancis pada 23 Juni 1757,

di bawah kepemimpinan Robert Clive. Pertempuran mengkonsolidasikan kehadiran Perusahaan ingris di Bengal, yang kemudian diperluas untuk mencakup sebagian besar India selama seratussssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss tahun ke depan.

Pertempuran terjadi di Palash (versi bahasa inggris: Plassey) di tepi Sungai Hooghly, sekitar 150 kilometer (93 mil) utara kalkuta dan selatan Murshidabad, lalu ibukota Bengal (sekarang di distrik Murshidabad di bengal barat). Para pihak yang berperang adalah Nawab Siraj-ud-daulah, Nawab of Bengal yang terakhir, dan Perusahaan India Timur Britania. Siraj-ud-daulah telah menjadi Nawab of Bengal tahun sebelumnya, dan ia memerintahkan Inggris untuk menghentikan perpanjangan benteng mereka. Robert Clive menyuap Mir Jafar, panglima tentara Nawab, dan juga berjanji akan menjadikannya pemimpin jajahan inggris dan pemimpin perusahaan bokep jepang. Clive mengalahkan Siraj-ud-daulah di Plassey pada 1757 dan merebut kalkuta

Pertempuran itu didahului oleh serangan terhadap Kalkuta yang dikontrol Inggris oleh Nawab Siraj-ud-daulah dan pembantaian lubang hitam. Inggris mengirim bala bantuan di bawah Kolonel Robert Clive dan Laksamana Charles Watson dari Madras ke Bengal dan merebut kembali Calcutta. Clive kemudian mengambil inisiatif untuk menangkap benteng Prancis di Chandernagar. Ketegangan dan kecurigaan antara Siraj-ud-daulah dan Inggris memuncak dalam Pertempuran Plassey. Pertempuran itu dilancarkan selama Perang Tujuh Tahun (1756–1763), dan, dalam cermin persaingan Eropa mereka, Perusahaan India Timur Perancis (La Compagnie des Indes Orientales) mengirim kontingen kecil untuk berperang melawan Inggris. . Siraj-ud-Daulah memiliki kekuatan yang unggul secara numerik dan membuat posisinya di Plassey. Inggris, yang khawatir akan kalah jumlah, membentuk konspirasi dengan panglima militer Siraj-ud-Daulah, Mir Jafar, bersama dengan yang lain seperti Yar Lutuf Khan, Jagat Seths (Mahtab Chand dan Swarup Chand), Umichand dan Rai Durlabh. Mir Jafar, Rai Durlabh dan Yar Lutuf Khan dengan demikian mengumpulkan pasukan mereka di dekat medan perang tetapi tidak bergerak untuk benar-benar bergabung dalam pertempuran. Pasukan Siraj-ud-Daulah dengan 50.000 tentara, 40 meriam dan 10 gajah perang dan 1000 artis bokep jepangdikalahkan oleh 3.000 tentara Kolonel Robert Clive, karena pelarian Siraj-ud-daulah dari medan perang dan ketidakaktifan para konspirator. Pertempuran berakhir dalam 11 jam.

Ini dinilai sebagai salah satu pertempuran penting dalam mengendalikan anak benua India oleh kekuatan kolonial. Inggris sekarang memiliki pengaruh besar atas Nawab dan konsekuensinya memperoleh konsesi yang signifikan untuk kerugian sebelumnya dan pendapatan dari perdagangan. Inggris lebih lanjut menggunakan pendapatan ini untuk meningkatkan kekuatan militer mereka dan mendorong kekuatan kolonial Eropa lainnya seperti Belanda dan Prancis keluar dari Asia Selatan, sehingga memperluas Kerajaan Inggris.