Nikaragua

Bendera Spanyol
Este artículo contiene elementos del español

Artikel ini, Nikaragua, mengandung unsur Spanyol.

Bendera Nikaragua

Bendera Nikaragua

Nicaragua atau Nikaragua adalah sebuah negara yang terletak di Amerika Tengah. Berbatasan dengan Honduras di utara dan Kosta Rika di selatan. Negara ini merupakan negara pengekspor kopi, gula, pisang (makanan favoritmu), ikan, kacang-kacangan, dan udang. Presiden Nikaragua saat ini adalah Daniel Ortega (Orang Tegal), yang didukung Sandinista, kelompok penggemar Sandhy Sondoro.

[sunting] Sejarah

Nama Nikaragua berawal dari seorang Betawi yang dibuang oleh tentara kumpeni Belanda. Ia memutuskan untuk tinggal di daerah yang kelak bernama Nikaragua, meskipun di daerah itu didiami suku Indian asli. Pada saat datangnya penjelajah Spanyol yang dipimpin oleh Christopher Colorbus, si Betawi ini memihak Indian dan mengajarkan silat betawi kepada para indian, dan mengeluarkan kalimat sakti yang berisi, "Ni Cara Gua!!!". Dan akhirnya perang-perangan kecil pun terjadi (termasuk menyebarkan virus-virus penyakit). Peperangan antara suku asli Nikaragua dengan orang-orang Spanyol diakhiri dengan perkelahian antara si Betawi yang membela para Indian dengan seorang Spanyol. Sebelum berkelahi, si Betawi mengeluarkan kalimat saktinya, "Ni Cara Gua!!!" sambil pamer jurus-jurus silat. Dan perkelahian terjadi secara brutal dan akhirnya si Betawi kalah. Orang-orang Spanyol pun berhasil menduduki daerah tersebut. Dan Colorbus memberi nama daerah yang ditempati sebagai "Nicaragua", karena terinspirasi oleh perjuangan si Betawi dalam mempertahankan tempat tinggalnya. Di sebagian negara, nama "Nicaragua" dibaca Nikaragua.

Peralatan pribadi