Mesir

Dari Tolololpedia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

Langsung ke: navigasi, cari

Mesir adalah negara bingungin di afrika, karena dibilang afrika tapi kayak arab, dibilang arab tapi kayak firaun.

[sunting] Sejarah Mesir

Mesir dulunya memang negara firaun, orang tolol yang mengaku dirinya sebagai tuhan, dan rakyatnya lebih tolol lagi karena percaya saja, maklumlah pendidikan ga ada waktu itu.

agar keliatan keren di mata dunia, si firaun menyuruh rakyatnya membikin piramida, karena tolol, rakyatnya malah bersorak gembira, sambil jogat joget goyang2 pantatnya.. piramid... piramid... asik.. asik... gitu katanya, mungkin karena dijanjiin bakal dikasih makan gery piramid kali ya.

nah firaun punya putri yang bohay bin aduhay, namanya cleopatra, namun sayang, matrenya minta ampun, tak terhitung berapa jumlah pangeran yang ditolak cintanya karena ga mampu memenuhi syarat cleopatra untuk membangun 1000 piramida dalam satu malam !

untunglah masih ada orang yang sedikit waras, namanya musa. diduga karena pernah ditolak oleh cleopatra, dia memberontak terhadap firaun, sayang pemberontakannya gagal karena pendukungnya sudah terlalu capek abis membangun piramida.

musa bersama pendukungnya yang masih kuat akhirnya lari dari mesir, eh si firaun yang kadung sakit hati mengejarnya, sampe di pinggir pantai musa bingung mau bagaimana, mau berenang gak sempat les renang, mau bikin kapal, gak cukup budgetnya. musa hanya bisa berdoa. eh tau2 muncul Doraemon dengan baling2 bambunya datang dari Jepang. musa kaget, namun doraemon menenangkannya bahwa dia bukan lagi bermimpi. terus Doraemon memberinya.. tongkat ajaibbbb....!!! jeng.. jeng...

Musa masih bingung nih tongkat mau buat apaan?? bikin gali lubang?? doraemon bilang udah pukul aja ke laut... eh terbelah deh lautnya? musa akhirnya lari nyeberang sampe ke Israel, sementara si firaun di belakangnya ikutan ngejar melewatin laut terbelah itu, namun sayang lautnya pake timer.. sehingga lautnya nyatuh lagi... firaun yang lupa bawa pelampung akhirnya tenggelam.

Sementara Cleopatra dibunuh oleh babunya sendiri,dan si Babu itu mencatut nama bekas majikannya lalu kabur ke Indonesia untuk ikut audisi JKT48. Akhirnya Husni Mubarak bak pahlawan kesiangan tampil di podium menyatakan diri sebagai pemimpin Mesir yang baru.

[sunting] Sesudah Revolusi 1952

Pada tahun 1952, Mesir menjadi negara republik berdemokrasi dengan presiden pertamanya Muhammad Naguib, lalu Gamal Abdel Nasser menjadi diktator militer pada tahun 1956. Lalu pada tahun 1970, Mesir menjadi negara demokrasi lagi setelah bertahun-tahun kediktatoran militer, lalu Anwar Sadat menjadi presiden sampai dia ditembak oleh ketapel pada tahun 1981. Setelah penembakan Anwar Sadat, yang jadi presiden malah Husni Mubarak, jauh lebih kejam daripada Gamal Abdel Nasser. Pada tahun 2011, Husni Mubarak digulingkan beserta bantal dan guling, lalu Mohamed Hussein Tantawi yang menjadi presiden sampai tahun 2012 dan Mesir kembali menjadi negara demokrasi. Setelah pemilu 2012 (pemilu pertama di Mesir), presiden yang terpilih yaitu Mohamed Morsi sampai digulingkan pada tahun 2013 dan digantikan oleh Adly Mansour sampai pemilu 2014. Pada tahun 2014, yang jadi presiden yaitu Abdel Fattah el-Sisi.

[sunting] Makanan Khas Mesir

Tentu saja martabak mesir... maknyus kata Bondan Winarno


Negara-negara di Afrika
Negara dengan Pengakuan Terbatas: Azawad | Republik Demokratik Arab Sahrawi | Somaliland
Peralatan pribadi