Kupu-kupu malam

Pedobear.png !.png Artikel ini berisi hal-hal tentang HEWAN !.png
Untuk dapat menyesuaikan diri dengan artikel ini, silahkan pergi ke Serang dan ajak salah satu hewan disana bergaul dengan anda.

Kupu-kupu Malam (Bahenoliae) adalah keluarga kupu-kupu yang tersebar di negara-negara Asia seperti Indonesia, Thailand, Taiwan, China, Jepang maupun India. Sedangkan kupu-kupu malam yang diakui sebagai milik Malaysia sebenarnya adalah hasil imigrasi kupu-kupu malam dari Indonesia dan India. Keluarga ini terdiri dari sekitar 2,650 spesies kupu-kupu, 5 orang ibu dan 13 orang anak.

Kupu-kupu malam berbeda dari keluarga kupu-kupu lainnya sebab mereka nokturnal yang berarti mereka aktif di malam hari dan tidur di siang bolong. Namun tak jarang ada kupu-kupu malam yang muncul di siang hari. Biasanya itu karena mereka sedang tidak bisa tidur atau sedang begadang untuk nonton komedi nakal.

[sunting] Spesies-spesies Umum

Kupu.jpg

Miyabicus Mariozawa

[sunting] Dalam Legenda

  • Menurut legenda China kuno, Sam Pek dan Eng Tay berubah manjadi kupu-kupu malam saat tengah kawin lari akibat terkena kutukan bomoh.
  • Maling Kundang dikutuk oleh emaknya menjadi kupu-kupu malam karena ia tidak membelikan emaknya oleh-oleh saat ia berkunjung ke Singapura.

[sunting] Mitos-Mitos

  • Dalam kepercayaan Jawa, jika rumah seseorang didatangi kupu-kupu malam, berarti rumah itu akan kedatangan tamu. Mungkin saja tamu itu kupu-kupu malam yang lain.
  • Menurut orang Jepang, jika seekor kupu-kupu masuk ke ruang tamu seseorang, maka pacar orang itu akan datang. Mungkin pacarnya sebenarnya adalah kupu-kupu malam itu sendiri.
  • Orang Eropa mempercayai bahwa kupu-kupu malam adalah jelmaan dari jiwa manusia. Karena itu mereka memperlakukann kupu-kupu malam dengan hormat.
  • Orang Timur Tengah mempercayai bahwa kupu-kupu malam adalah jelmaan dari syahwat manusia. Karena itu mereka menangkapi kupu-kupu malam sebanyak-banyaknya.
  • Jika anda tidak pernah bertemu kupu-kupu malam, berarti anda kurang beruntung.
Peralatan pribadi