Fiji

Bendera Inggris.png
This article contains the England element

Artikel ini, Fiji, mengandung unsur Inggris.

Bendera India.png
यह पृष्ठ भरा है भारत|

hachah achah eh hati 2 वहाँ हैकुत्ता yg nyamar kayak kamu acha acha. हैकुत्ता itu artinya anjing,jangan nangis bombaiiiiiiiiiiiii yeh kalo nehi nehi dikatain.

Bendera Fiji.png

Bendera Fiji

Fiji adalah sebuah negara kepulauan di selatan Samudra Pasifik. Negara ini beribukota di Suva. Negara ini merupakan bekas jajahan Linggis Inggris. Selain orang pribumi dan Inggris, disini juga banyak orang keturunan India. Lagu kebangsaan negara ini adalah "Hiji Sareng Hiji" karya KOS Mamat.

Konon, kepulauan Fiji ditemukan oleh seorang nelayan Malaysia yang kesasar, Muhammad Al Hafizi. Setelah berbulan-bulan berada di atas kapal tanpa tujuan jelas, ia kemudian menemukan sebuah pulau. Ia lalu singgah di pulau tersebut. Kemudian, ia menamai pulau tersebut dan pulau-pulau di sekitarnya dengan namanya, Fizi. Namun, karena kesulitan mengucap huruf F, penduduk sekitar menyebut kepulauan ini dengan nama Kepulauan Fiji.

Salah satu versi lain (versi Roy Suryo) menyebutkan bahwa kepulauan ini ditemukan oleh seorang Sunda yang bernama Kabayan. Setelah berhari-hari mencari Nyi Iteung, iapun menemukan sebuah pulau di Samudera Pasifik. Ia lalu tinggal di pulau itu namun dicegat oleh suku setempat. Setelah ditanya oleh seorang suku setempat, ia cuma bisa mengatakan "hiji". Setelah itu ia disuruh tinggal di pulau tersebut selama bertahun-tahun dan akhirnya pulang. Sejak saat itu, tempat tersebut diberi nama "Hiji". Namun karena alasan yang sama seperti cerita pertama (kesulitan mengucap huruf F) pulau tersebut diberi nama Fiji. Menurut Roy, cerita ini 68% tidak akurat.

[sunting] Datangnya orang India di Fiji

Orang India dibawa oleh penjajah Inggris ke sana pada tahun 1860. Mereka disuruh ngusir tikus di rumah gubernur jendral. Mereka overflow dari kolong jembatan, dari bawah sumur dan dari Neraka. Pada sekitar tahun 1900, orang India di sana mulai bekerja di perkebunan, karena mereka kekurangan duit kalau kerjanya cuman ngusir tikus. Pada sekitar tahun 1980, ada bentrokan antara orang asli Fiji dengan orang India karena orang Fiji muak dengan keberadaan orang India yang seharusnya di Neraka.

[sunting] Fakta menarik

  • Jangankan di Fiji, di neraka juga banyak orang India
  • Ibukota negara ini adalah Suva
  • Bahasa yang digunakan di Fiji adalah Bahasa Inggris, bahasa India Dan bahasa Fiji
  • Penduduk asli Fiji dulunya kanibal
Peralatan pribadi