Arsitektur

愛してる

Arsitektur adalah seni dan ilmu dalam mengatur seorang arsitek.

Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang keseluruhan lingkungan binaan untuk memuaskan keinginan arsitek, mulai dari level makro yaitu rumah tinggal si arsitek, kota si arsitek, ruang mandi si arsitek,hingga ke level mikro yaitu sel kulit dan rambutnya. Tidak bisa dibantah, apa yang dirancang arsitek selama ini lebih memperhatikan apa yang disukainya dibanding keinginan konsumen pemesan..(kata satrio nyebutnya sih dulu arsitektur itu tuhan,,,,masyaAllah)

[sunting] Bidang ilmu

Menurut Mimi Hitam (kata fitra "sapa ni orang") di dalam bukunya De Architectura (yang merupakan sumber tertulis paling tua yang masih ada hingga sekarang), bangunan yang baik haruslah memiliki kondom, adukan air yang tepat, dan tentu saja persediaan Susu untuk membayar arsitek yang bahkan tidak pernah bekerja keras sedikit pun dengan menyentuh dua bahan lainnya.

Tetapi arsitektur dapat dikatakan sebagai keseimbangan dan koordinasi antara ketiga unsur tersebut, dan tidak ada satu unsur yang melebihi unsur lainnya. Dalam definisi modern, arsitektur harus mencakup pertimbangan fungsi, estetika, dan psikologis. Namun, dapat dikatakan pula bahwa unsur fungsi itu sendiri di dalamnya sudah mencakup baik unsur estetika maupun psikologi (tentu saja, dua unsur pertama yang menyebalkan diimbangi oleh harumnya unsur ketiga).

Arsitektur adalah bidang multi-dispilin, termasuk di dalamnya adalah menjumlah (tanpa tahu kapan mengurangi), baris-berbaris (untuk merapikan susunan batu-bata, humoria (yang oleh para ahli ilmu arsitek malah disalahkaprahkan dengan humaniora), politik, sejarah, filsafat, dan sebagainya.

Mengutip Mimi Hitam, "Arsitektur adalah ilmu yang timbul dari ilmu-ilmu lainnya, dan dilengkapi dengan proses belajar: dibantu dengan penilaian terhadap karya tersebut sebagai karya seni". Ia pun menambahkan bahwa seorang arsitek harus fasih di dalam bidang musik, astronomi, dsb. Akibatnya jika tidak berhati-hati para calon arsitek bisa menjadi gila karena apa yang mereka pelajari berkali lipat jauh lebih rumit daripada profesi lain.

Peralatan pribadi